Seiring berkembangnya waktu, semua hal bisa dilakukan secara digital mulai dari berbelanja, pembayaran hingga penggalangan dana. Saat ini banyak platform atau aplikasi crowdfunding atau penggalangan dana online di Indonesia. Dengan begitu Anda dapat membantu sesama atau bahkan menjadi donatur tetap untuk saudara yang membutuhkan dengan cara yang jauh lebih mudah.

Rasakan Mudah dan Berkah Penggalangan Dana Online

 

1. Bagaimana hukum sedekah secara online?

Penggalangan dana online adalah cara modern yang tepat untuk sedekah atau zakat. Dalam menunaikan zakat seorang muzakki (pemberi zakat), tidak harus menyatakan secara langsung ke mustahiq (penerima zakat).

 Hal tersebut juga diungkapkan oleh seorang tokoh muslim asal Mesir bernama Syaikh Yusuf Al-Qardhawi bahwa zakat yang diberikan ke mustahiq tidak harus dinyatakan lewat ucapan secara langsung sebab jika muzaki ingin memberikan zakatnya tetap sah walau tidak diucapkan asal mempunyai niat.

Lalu bagaimana jika bersedekah atau zakat lewat penggalangan dana yang dilakukan secara online apakah sah dan diterima? Para ulama berpendapat bahwa media online merupakan penyalur atau penampung sedekah sebelum diberikan kepada yang membutuhkan. Maka tidak perlu khawatir karena sedekah atau zakat yang dilakukan sah.

Jika biasanya seseorang harus lewat amil atau bertemu dengan mustahiq terlebih dahulu untuk memberikan sedekahnya. Lewat galang dana online ini Anda bisa memberikan sedekah atau zakat dengan beberapa klik saja tanpa perlu bertemu secara langsung.

2. Media online hanya sebagai perantara

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, galang dana online yang menyalurkan dana atau donasi Anda ini hanya sebagai fasilitator atau perantara. Ada banyak jenis media yang mampu menyalurkan donasi baik lewat website bahkan aplikasi.

Berperan sebagai perantara maka Anda tidak harus bertemu dan melakukan akad secara langsung. Namun, tahukah Anda jika akad bukan termasuk rukun dalam bersedekah atau zakat? Ada atau tidaknya akad tidak mempengaruhi sah tidaknya beramal karena ia bukan rukun yang wajib dilakukan ketika sedekah.

Akad tersebut digantikan dengan niat, sebab yang paling penting ketika zakat atau sedekah layaknya penggalangan dana online adalah niatnya. Maka jangan lupa untuk mengucapkan niat baik dalam hari atau langsung.

Sejalan dengan fungsi media online tersebut, yang harus diperhatikan ketika memberikan donasi baik sedekah maupun zakat adalah penerimanya. Hal ini cukup penting karena Anda tidak bertemu secara langsung, penting rasanya untuk memastikan apakah media atau perantara memberikan ke orang yang tepat baik itu untuk perorangan, kelompok atau lembaga.

Oleh karena itu, penting rasanya memilih perantara atau media yang amanah agar donasi yang diberikan tepat sasaran. Untuk memastikan media online tersebut amanah atau tidak Anda bisa melihat review, layanan atau partner yang bekerja sama karena media yang bagus biasanya memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat.

3. Dapat dilakukan dimana dan kapanpun

Ada banyak alasan mengapa kini penggalangan dana online ramai diperbincangkan, salah satu alasannya yakni praktis. Lewat galang dana online memungkinkan Anda untuk memberikan donasi kapanpun dan dimanapun. Dengan demikian tidak ada lagi alasan untuk tidak bersedekah yang disebabkan kesibukan atau keterbatasan waktu.

Penggalangan dana online ini menyediakan fitur-fitur yang canggih untuk membantu proses donasi baik berupa zakat atau sedekah. Maka dari itu, tidak ada halangan untuk sering-sering bersedekah sebab selain tolong menolong saudara yang membutuhkan namun juga mendapat berkah atas donasi yang diberikan.

Meskipun sedekah atau donasi yang diberikan tidak dilakukan dengan bertatap muka, namun tidak mengurangi nilai keberkahan dan kebahagiaan untuk penerimanya. Bahkan menurut potongan surah yang terdapat di Al-Quran menyebutkan bahwa seseorang yang bersedekah tanpa menunjukkan wajahnya atau tidak diketahui justru lebih baik.

Dari pernyataan tersebut dapat digaris bawahi bahwa semakin baik sedekah adalah yang tidak diketahui banyak orang dengan cara bersembunyi-sembunyi. Bisa Anda bayangkan apabila sedekah diketahui banyak orang, maka akan banyak orang menyanjung dan dielu-elukan banyak orang sehingga mendekati dengan sifat riya’ yang justru dibenci oleh Allah SWT.

4. Proses yang mudah dan cepat

Manfaat dari adanya penggalangan dana online ini yakni proses transaksi yang mudah dan cepat sehingga Anda bisa segera mengirimkan bantuan atau pertolongan dengan segera. Sebagai contoh, Anda dapat menggalang dana saat terjadi bencana yang cukup parah dan membutuhkan banyak bantuan. Dengan cara tersebut Anda bisa segera mendapat respon.

Kemudahan dan kesigapan tersebutlah yang ditawarkan oleh galang dana secara online. Butuh Jika berdonasi atau sedekah secara langsung tidak akan secepat itu, karena membutuhkan waktu pengumpulan dana dan proses yang tidak singkat.

Selain itu, apabila Anda hendak bersedekah tidak butuh waktu lama untuk memberikan dana, butuh waktu sekitar 5 hingga 10 menit saja untuk mengisi formulir secara online dan donasi yang diberikan.

Dan yang terpenting saat bersedekah adalah memilih media online yang tepat dan memiliki reputasi yang bagus. Dengan demikian, dana yang telah disalurkan tidak diberikan ke tangan yang salah. Salah satu media online tepercaya yang mampu menjadi perantara untuk menyalurkan donasi adalah https://wecare.id/.

Aplikasi tersebut telah dipercaya oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk membatu orang yang membutuhkan. Uniknya dari aplikasi tersebut yaitu adanya update perkembangan ke donatur sehingga dapat dipastikan dana diberikan ke orang yang tepat.

Setelah mengetahui segudang manfaat dari penggalangan dana online di atas, Anda bisa mulai donasi ke mereka yang membutuhkan. Dan jangan lupa untuk mengunduh aplikasi tersebut untuk memudahkan Anda untuk menyalurkan donasi.