5 Hal Penting dalam Persiapan Melahirkan yang Tidak Boleh Terlewat!

Melahirkan menjadi momen krusial bagi setiap ibu di dunia mengingat ada banyak hal yang perlu dipersiapkan ketika momen itu terjadi. Saat usia kandungan sudah mulai memasuki tahap akhir lebih dari 8 bulan, sebaiknya pikirkan bagaimana persiapan melahirkan nantinya. Ini sangat penting karena seringkali momen melahirkan tidak bisa ditebak kehadirannya.

Ada banyak persiapan yang perlu dipertimbangkan apalagi untuk seorang ibu yang baru pertama kali hendak mengalami persalinan. Apa saja sebenarnya persiapan sebelum melahirkan untuk seorang ibu? Berikut ini beberapa hal yang akan membantu banyak dalam persiapan memasuki usia hampir kelahiran anak:

1. Pahami Peraturan Rumah Sakit

Sebelum melahirkan, melakukan check-up ke dokter kandungan menjadi aktivitas yang tidak boleh terlewatkan. Pastikan untuk mendiskusikan bagaimana keadaan kandungan, bukaan serviks, dan pilihan dalam melakukan persalinan.

Seorang ibu seringkali menghadapi shock ketika kandungan harus di caesar jadi sebaiknya diskusikan kemungkinan ini dengan dokter. Selain itu, tanyakan dan pastikan bagaimana prosedur rumah sakit dalam menerima pasien baru. Hal ini penting mengingat ada banyak prosedur baru selama masa pandemic, mungkin akan ada tes swab dan sebagainya.

2. Persiapkan Dokumen

Saat memasuki bulan terakhir kehamilan, semua dokumen yang diperlukan untuk bersalin nantinya sudah harus disiapkan. Ini menjadi langkah persiapan melahirkan yang cukup krusial agar nanti pihak keluarga tidak lagi repot untuk menyiapkan dokumen tersebut.

Jenis dokumen yang tidak boleh terlewatkan yaitu kartu identitas, dokumen asuransi, serta jika ada bawa juga dokumen pemeriksaan. Hal ini sering dianggap sepele dan nantinya bisa terlupakan akibat terlalu sibuk dengan persiapan lainnya.

3. Sediakan Pakaian yang Cukup

Hal penting lainnya dan perlu disiapkan yaitu pakaian pengganti bagi ibu sekaligus pendamping serta pakaian untuk bayi. Untuk ibu sendiri sebaiknya siapkan beberapa potong pakaian longgar agar nanti bisa lebih mudah pemakaiannya. Persiapkan juga sarung atau kain yang nantinya akan diperlukan ketika air ketuban sudah mulai pecah.

Untuk bayi sendiri, setelan pakaian dasar seperti popok, topi, sarung tangan, dan pakaian juga perlu diletakkan di tas berbeda. Jangan lupakan beberapa potong pakaian dalam untuk semuanya, siapkan paling tidak untuk tiga hari perawatan.

4. Bawa Alat Mandi

Saat ini sudah ada banyak rumah sakit yang menyediakan peralatan mandi sebagai salah satu pelayanannya. Meski begitu masih tetap lebih baik untuk menyiapkannya sendiri apalagi jika kulit ibu terkenal sensitive.

Keperluan dasar untuk mandi seperti sabun, shampoo, hingga facial wash tidak boleh luput untuk dibawa. Jika ada barang yang mungkin bisa membantu ibu meredakan kecemasan, itu bisa ikut disiapkan dan dibawa nantinya.

5. Siapkan Perlengkapan Pasca Melahirkan

Persiapan tidak hanya berfokus pada proses persalinan saja tetapi juga harus disiapkan untuk setelah ibu berhasil melahirkan. Persiapkan baju dengan kerah berkancing maupun daster serta bra khusus menyusui agar nanti ibu lebih nyaman memberi ASI.

Menjaga perut pasca melahirkan juga diperlukan, siapkan barang seperti stagen atau korset untuk membantu menahan perut. Korset juga akan mengurangi sakit pinggang setelah melahirkan. Siapkan juga celana dalam yang pas untuk masa nifas serta pembalut khusus agar si ibu merasa nyaman nantinya.

Melakukan persiapan melahirkan  sangat penting agar nantinya ketika terjadi tanda hendak melahirkan hanya perlu pergi ke rumah sakit saja. Beberapa perlengkapan tambahan yang nantinya mungkin akan berguna seperti alat dandan atau hijab juga perlu disiapkan apalagi saat menerima tamu.