5 Tips Memilih Bedak Bayi yang Aman untuk Bayi Baru Lahir dan Balita

Memilih segala perlengkapan dan kebutuhan bayi memang tidak bisa sembarangan, termasuk dalam memilih bedak bayi. Pastikan bedak bayi tersebut berfungsi untuk menjaga kelembutan dan kelembaban kulit bayi. Jangan asal memilih hanya karena mendapat harga  promo bedak bayi tapi tidak memperhatikan kualitasnya.

Jika membelinya secara online, pastikan toko online perlengkapan bayi yang Anda kunjungi sudah terpercaya dan menyediakan beragam jenis bedak bayi agar Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan bayi.

Memilih Bedak Bayi yang Aman

Selain itu, berikut tips mudah saat memilih bedak bayi yang aman adalah sebagai berikut:

1.     Mengandung Chamomile atau Minyak Zaitun

Kandungan minyak zaitun atau chamomile dalam bedak bayi dipercaya mampu menjaga tingkat kelembaban kulit sehingga mencegah timbulnya iritasi pada kulit bayi. Kulit kering pada bayi mengakibatkan ruam atau gatal-gatal pada bayi sehingga bayi akan mudah rewel.

 

Kandungan pada Chamomile dan minyak zaitun juga mampu meredakan perih karena area kulit yang gatal sering digaruk. Kandungan kedua bahan tersebut juga mampu menjaga kelembaban dan kelembutan pada permukaan kulit secara alami sehingga kulit bayi tidak lagi kering.

 

2.     Tidak Mengandung Talc

Bedak yang berbahan talc atau biasa disebut talek memang sudah sering digunakan sejak dulu. Sebenarnya talc sendiri merupakan serbuk mineral yang di dalamnya mengandung zat silikon, magnesium, dan oksigen.

 

Kandungan talc sendiri sudah dipercaya dalam menjaga kelembaban kulit dan mengurangi ruam pada kulit bayi. Meski banyak kelebihan, namun ternyata talc justru mengandung zat karsinogenik yang mana merupakan senyawa yang dapat meningkatkan tumbuhnya kanker.

 

Oleh karena itu, meskipun Anda mendapatkan harga promo bedak bayi, lebih baik Anda menghindari produk bedak bayi yang mengandung talc. Karena selain mengandung senyawa tersebut, talc yang terhirup oleh bayi juga akan mengganggu pernapasan bayi.

3.     Sesuaikan Dengan pH Si Kecil

pH sendiri merupakan tingkat keasaman dan kebasaan dalam suatu produk. PH sendiri berfungsi dalam  mengatur tingkat kelembapan kulit si kecil. Jadi pastikan Anda memilih bedak bayi yang sesuai dengan pH kulit bayi agar tidak menyebabkan iritasi kulit. Kulit bayi memiliki pH 4,9. Oleh karena itu, pilihlah bedak bayi dengan pH 5,5 untuk menyeimbangkan pH kulit bayi.

4.     Tidak Mengandung Perfume

Bau wangi bayi yang didapatkan dari bedak memang sangat khas. Namun sebaiknya saat memilih bedak bayi, pilih saja bedak yang tidak mengandung parfum. Karena bahan pewangi yang mengandung zat kimia tersebut tidak baik untuk kulit bayi hingga menyebabkan iritasi.

5.     Pisahkan Bedak untuk Wajah dan Badan

Pastikan Anda menggunakan bedak all in one atau semua bedak untuk seluruh tubuh. pisahkan bedak bayi untuk wajah dan badan. Karena kulit bayi sangat sensitif, terutama pada bagian wajah.

Bedak bayi memang sangat beragam, mulai dari bedak padat, tabur, hingga bedak bayi liquid atau lotion. Harga promo bedak bayi juga sangat beragam di berbagai toko dan online shop. Namun sebaiknya Anda membeli sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan.