Siapa yang tidak kenal dengan serial anak terpopuler hingga saat ini Upin Ipin. Tingkah laku dua bocah kembar ini memang sangat lucu, sehingga tidak heran jika banyak anak yang suka menonton seluruh kisahnya. Upin Ipin sendiri sebenarnya merupakan animasi yang dibuat dari negara tetangga. Yaitu tepatnya berasal dari negara Malaysia. Nah, bagi kalian yang gemar menonton Upin Ipin pasti penasaran kan bagaimana asal mula cerita Upin Ipin ini dibuat? Supaya tidak penasaran lagi, sebaiknya lanjutkan membaca informasi menarik berikut di bawah ini.

Awal Pembuatan Serial Upin Ipin

Sebenarnya serial Upin dan Ipin ini pertama kali ditayangkan untuk menyambut suasana Ramadhan pada tahun 2007 yang lalu. Pertama kalinya serial ini ditayangkan untuk membantu memberikan informasi dan pendidikan pada anak-anak tentang arti bulan Ramadhan. Sehingga serial ini awalnya memang berfokus pada kisah-kisah Upin dan Ipin selama memasuki masa bulan suci Ramadhan. Ada banyak informasi menarik tentang segala kegiatan dan arti Ramadhan pada serial Upin Ipin pertama kalinya. Sehingga membantu anak-anak memahami dengan jelas makna Ramadhan dengan cara yang menyenangkan.

Untuk mendukung maksud di atas, Upin Ipin awalnya dimulai dengan seri animasi yang hanya berkisar 4 menit saja. Hal ini dilakukan untuk sekedar menguji bagaimana penerimaan pasar lokal di Malaysia. Selain itu tujuannya juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bagaimana reaksi penonton terhadap kemampuan dan ketertarikan pada cerita Upin Ipin sendiri. Ternyata sambutan yang diberikan pada serial tersebut cukup menarik, sehingga akhirnya diputuskan bahwa Upin Ipin diterbitkan selama satu musim kembali untuk menyambut bulan Ramadhan berikutnya.

Aspek Budaya Upin Ipin

Dalam serial animasi anak Upin Ipin ini memang sudah tidak rahasia lagi bahwa latar belakangnya banyak didominasi pada kebudayaan di Malaysia. Disini mengisahkan tentang sebuah kampung yang sederhana untuk dapat menarik minat dan rasa ingin tahu dari pasar internasional. Prinsipnya sama seperti animasi Doraemon yang berasal dari Jepang namun dapat memberikan daya tarik dari seluruh dunia. Karena hal ini dibalut dengan latar belakang budaya setempat yang unik dan menarik. Sehingga tentunya seperti yang diharapkan, animasi Upin Ipin berhasil menarik minat banyak negara untuk menontonnya termasuk juga di Indonesia.

Prestasi Upin Ipin

Tidak berhenti di situ saja, namun di kedepannya ternyata Upin Ipin menerima banyak prestasi dan penghargaan. Dengan menjadi salah satu serial animasi favorit yang banyak disukai di berbagai negara, ternyata animasi Upin Ipin berhasil mengantongi beberapa penghargaan di negaranya. Mulai dari sebagai animasi terbaik di Festival Film Internasional Kuala Lumpur pada tahun 2007, meraih penghargaan Shout sebagai best on-screen chemistry di tahun 2009, penghargaan The BrandLaureate sebagai best brands in animation pada tahun 2010, penghargaan animasi paling terkenal oleh Malaysia Book of Records di tahun 2011, hingga yang terbaru tahun lalu berhasil menyabet penghargaan program animasi asing pada Anugerah Penyiaran Ramah Anak. Hal ini mengukuhkan Upin Ipin sebagai serial anak terbaik yang bertahan dari waktu ke waktu.

Nah, itulah tadi rupanya sedikit informasi tentang asal mula cerita Upin Ipin. Ternyata cukup menarik dan tidak disangka-sangka ya. Maka dari itu jika kalian juga punya keinginan yang sama untuk menciptakan kisah-kisah animasi serupa jangan ragu. Siapa tahu bisa seperti kisah si Upin Ipin yang lantas memiliki banyak penggemar di berbagai negara.