Kini, kamu bisa mendapatkan E-fin atau nomor identitas secara online yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak yang melakukan transaksi elektronik melalui DJP.

Sebagaimana diketahui bahwa E-fin harus dimiliki oleh wajib pajak untuk membayar Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Tahunan atau membuat akun di situs DJP online. Kamu bisa akses laman efin.pajak.go.id, lalu melakukan pendaftaran secara online untuk mendapatkan E-fin. Selanjutnya, kamu hanya tinggal isi data diri sesuai petunjuk yang disediakan.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan E-fin secara online dan apa manfaat memiliki E-fin bagi wajib pajak? Berikut Penjelasannya.

1. Cara Mendapatkan E-fin Secara Online Melalui Website

  • Pertama – tama, buka website efin.pajak.go.id untuk mendaftar
  • Pastikan sudah siapkan NPWP sebelum memulai proses aktivasi E-fin, lalu klik menu ‘Lanjutkan’.
  • Beri izin akses menggunakan kamera di perangkat kamu, kemudian klik menu ‘Lanjutkan’.
  • Aktivasi E-fin baru bisa dilakukan jika data kependudukan kamu sesuai dan verifikasi data pendaftaran sudah selesai dilakukan oleh petugas KPP.
  • Klik menu ‘Mulai Sekarang’.
  • Selanjutnya isi nomor NPWP dan klik menu ‘Lanjutkan’.
  • Jika kamu sudah memasukkan data yang valid, maka akan tampil halaman berisikan nama kamu. Jika nama sudah sesuai, silahkan klik menu ‘Lanjutkan’.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan pada halaman untuk mengambil foto wajah. Silahkan potret wajahmu, dan secara otomatis sistem akan melakukan pencocokan data. Pastikan cahaya didekat perangkat cukup agar bisa menghasilkan foto berkualitas bagus.
  • Jika data sudah benar, maka akan ditampilkan notifikasi E-fin yang aktif. Notifikasi E-fin akan dikirimkan ke alamat email kamu yang sudah terdaftar di akun pajak.go.id.

Namun, jika kamu mengalami kendala – kendala tertentu ditengah proses, kamu masih bisa mendapatkan E-fin dengan mengirimkan email ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau bisa juga menghubungi Kring Pajak di nomor 1500 200.

2. Cara Mendapatkan E-fin Secara Online Via Email

Selain melalui website, cara mendapatkan E-fin secara online lainnya yaitu dengan mengirimkan email ke KPP dimana kamu terdaftar. Berikut caranya yang mudah :

  • Buatlah sebuah email dengan tujuan KPP dimana kamu terdaftar untuk mendaftar E-fin pajak. Untuk daftar alamat email unit kerja, kamu bisa mengaksesnya melalui website www.pajak.go.id/unit-kerja.
  • Silahkan mengisi permintaan nomor E-fin di kolom subjek.
  • Kemudian di badan email, silahkan isi Nomor NPWP, Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat tempat tinggal, alamat email, dan nomor ponsel.
  • Pada lampiran email, silahkan lampirkan foto dengan memegang KTP dan NPWP.
  • Setelah itu, kamu tinggal tunggu balasan email dari KPP. Balasan biasanya akan dikirimkan dalam waktu 1×24 jam.

3. Manfaat Aktivasi E-fin Bagi Wajib Pajak

  • Dengan melakukan aktivasi E-fin secara online, maka wajib pajak bisa dengan mudah mengakses sistem pajak online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu datang langsung dan mengantri di KPP.
  • E-fin juga menjamin kerahasiaan data yang sudah dimasukkan wajib pajak ke sistem pajak online.
  • Dengan melaporkan pajak secara online juga maka data yang masuk otomatis akan terekam di sistem pajak. Sehingga nantinya wajib pajak tidak perlu mengulang lagi isian dari awal untuk laporan pajak tahun berikutya.

Cara mendapatkan E-fin secara online diatas sangat mudah dan wajib pajak bisa langsung menggunakannya dalam waktu tidak lebih dari sehari. E-fin bisa digunakan oleh wajib pajak pribadi maupun badan usaha.