Cara Mengaplikasikan Aneka Jenis Dekorasi Ulang Tahun

 

Bahasan kali ini adalah mengenai dekorasi ulang tahun. Ulang tahun adalah acara yang diadakan setahun sekali bagi yang merayakannya. Berikut dibawah ini adalah cara-cara untuk melakukan dekorasi tersebut.

1. Tentukan Berapa Biaya yang Disediakan

Hal yang paling pertama dilakukan adalah menentukan biaya total yang akan dikeluarkan. Dalam menentukan biaya  tersebut, perlu dilakukan diskusi bersama pasangan. Jangan sampai terjadi sleg atau masalah dengan pasangan karena Anda hanya menentukan biaya tersebut sebelah pihak.

Dalam pembicaraannya, Anda merinci kebutuhan yang diperlukan. Mulai dari dekorasi yang berdasarkan tema, skala acara ulang tahunnya (besar/kecil), apakah menggunakan eo, biaya untuk membeli kue ulang tahun, hingga biaya untuk souvenir/bingkisan bagi anak-anak yang diundang.

2. Tentukan Tema Ulang Tahunnya

Tema ulang tahun anak perempuan ditentukan dengan cara membebaskan sang anak untuk memilih dari pilihan tema yang disediakan oleh Anda dan pasangan. Misalnya, Anda dan pasangan sudah menyediakan beberapa tema alternatif yang bisa dipilih oleh sang anak.

Tema-tema tersebut adalah Unicorn, Minnie Mouse, Ipin & Upin, serta macam-macam princess. Lalu, berikanlah alternatif tersebut ke sang anak supaya dia bisa memilih dengan bebas. Lalu, ternyata sang anak memilih tema Little Mermaid (salah satu jenis princess).

Maka, Anda sudah bisa menentukan tema ultahnya, yaitu Little Mermaid. Jadi, tema ulang tahunnya berdasarkan pilihan sang anak.

3. Tentukan Skala Acara Ulang Tahunnya (Skala Besar atau Sederhana)

Skala ulang tahun anak Anda ditentukan dengan mempertimbangkan biaya yang bisa Anda sediakan untuk acara ultah tersebut. Jika Anda hanya mampu menyediakan biaya dengan jumlah yang minim, maka sudah pasti skala acara ulang tahunnya adalah skala sederhana.

Namun, jika Anda mampu menyediakan biayanya dalam jumlah yang besar. Maka, Anda bisa menjadikan acara ultah anak perempuan Anda dalam skala yang besar.

4. Jika Menggunakan EO, Tentukan Event Organiser-nya

Dalam memilih eo, jangan hanya menggunakan parameter berupa eo tersebut sudah terkenal. Tapi, gunakanlah parameter berupa jarak dari rumah ke lokasi tempat tinggal eo. Mengapa?

Karena seorang eo akan melakukan mobilitas yang tinggi dari mulai persiapan acara ultah sampai dengan berlangsungnya acara ultah tersebut.

Jadi, jangan sampai aktifitas eo dan Anda dalam mempersiapkan acara ulang tahun sang anak terganggu. Karena tempat tinggal si eo yang jauh atau bahkan sangat jauh dari rumah Anda. Biarlah kegiatan eo berlangsung dengan efektif dan efisien sehingga acaranya nanti juga bagus.

5. Kue Ulang Tahun

Dalam melakukan dekorasi ulang tahun, belilah kue ultah dengan tema ultahnya di toko kue yang bagus dan berkualitas baik. Mengapa? Karena kue ulang tahun adalah kunci dari acara ultahnya. Selain itu, para undangan juga mencicipi kue ultah tersebut.

6. Bingkisan atau Souvenir Ulang Tahun

Tentukan souvenir ultah Anda berdasarkan temanya, dan bingkisannya yang berupa snacks sesuai dengan rincian biaya yang ada (lihat poin pertama). Jangan sampai biayanya tidak sesuai dengan budget yang ada.

7. Jamuan pada Saat Acara

Dalam dekorasi ulang tahun, Anda juga menentukan jamuan apa yang bisa dihidangkan selama acara berlangsung.

Apakah jamuan makanan dan minuman ringan, atau bahkan makanan berat dan minuman. Jamuan menentukan kepuasan para undangan yang hadir. Mengapa? Karena berawal dari rasa jamuan yang disediakan, maka berlanjut ke silaturahmi yang baik pula.

Demikian penjelasan mengenai cara melakukan dekorasi ulang tahun. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda untuk mewujudkan acara ulang tahun anak Anda.