Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Harus Ke Dokter

 

Insomnia atau gangguan susah tidur, apalagi di malam hari merupakan kondisi yang banyak dialami oleh masyarakat. Mulai diantaranya anak muda sampai dengan orang dewasa. Kondisi ini jika dibiarkan akan sangat mengganggu, apalagi ketika Anda harus melakukan aktivitas sebagaimana mestinya di siang hari, tubuh akan merasa lemah dan mudah mengantuk, sehingga dapat mengganggu produktivitas. Bahkan dalam jangka waktu panjang, jika seandainya dibiasakan maka hal tersebut bisa memicu munculnya penyakit-penyakit berbahaya. Untuk itu Anda dengan gangguan tersebut hendaknya segera mencari tahu cara mengatasi insomnia jika tak ingin berakibat fatal.

Banyak orang yang memilih cara praktis dengan menggunakan obat-obatan medis yang bisa membantu agar bisa istirahat secara tenang. Memang hal tersebut bisa efektif membuat mereka mengantuk dan akhirnya jatuh terlelap. Namun jika seandainya dilakukan secara terus-menerus dan juga dalam jangka waktu panjang juga pastinya akan menimbulkan efek samping yang kurang bagus bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba terapkan sendiri di rumah, yaitu:

  1. Menggunakan aromaterapi, beberapa jenis aromaterapi ternyata bagus di dalam merilekskan pikiran dan juga membuat Anda bisa tidur secara lebih nyenyak. Diantaranya adalah dengan memakai aromaterapi dari lavender. Bagus digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur jika seandainya digunakan secara teratur.
  2. Teh chamomile, berbeda dengan teh pada umumnya yang mengandung kafein yang justru membuat beberapa orang menjadi kesulitan untuk tidur. Justru jenis teh yang satu ini bagus digunakan untuk menenangkan tubuh, sehingga bisa lebih cepat terlelap, karena ia mengandung senyawa yang fungsinya tak jauh berbeda dengan obat golongan benzodiazepin.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium, magnesium ini adalah senyawa yang membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Mengingat memang kekurangan magnesium dalam tubuh akan membuat Anda kesulitan untuk tidur nyenyak. Dapatkan dari bahan-bahan alami seperti kacang ataupun buah pisang.
  4. Olahraga sebelum tidur, olahraga juga bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi insomia, karena memang aktivitas fisik yang satu ini secara alami akan membuat tubuh menjadi lelah. Sehingga tak begitu lama nantinya Anda juga akan tidur lebih nyenyak.
  5. Pastikan memiliki jadwal tidur yang konsisten, tidur secara terjadwal nyatanya juga sangat penting dilakukan, karena akan membantu Anda terhindar dari insomia, faktanya orang-orang dengan jadwal tidur yang tidak teratur juga lebih rentan untuk mengalami insomnia. Hendaknya batasi jam tidur di siang hari, sehingga pada saat malam hari bisa tidur lebih nyenyak.
  6. Yoga, olahraga yang satu ini bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan, termasuk diantaranya adalah meningkatkan kualitas tidur Anda. Lakukan olahraga yoga tersebut secara rutin setiap hari maka akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.
  7. Buatlah suasana kamar senyaman mungkin, mulai dari menjaga kebersihannya kemudian juga memperhatikan suhu di dalam ruangan tersebut. Hal ini akan membantu agar bisa lebih cepat terlelap.

Anda juga bisa memilih cara praktis dengan mengonsumsi Herbana Balance Madia Good Night sebagai cara mengatasi insomnia , tak perlu khawatir karena kaplet yang satu ini dibuat dengan mengandalkan bahan-bahan alami, mulai dari biji pala, daun mint, jahe, daun sembung dan masih banyak lagi yang dikenal sangat bagus didalam membantu meringankan gejala sulit tidur. Cukup mengonsumsinya secara teratur untuk hasil yang optimal.