Berikut adalah daftar makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga pola hidup sehat.

tirto.id – Masa pandemi ini menuntut setiap orang untuk menerapkan pola hidup sehat, dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan diimbangi dengan olahraga secara teratur agar metabolisme tubuh terjaga dengan baik. Dengan begitu, maka kesehatan bisa terus tetap terjaga.

Kendati begitu, pola hidup sehat seringkali dianggap mahal, padahal kenyataannya tidak demikian. Sebab, lima jenis makanan sehat berikut ini bisa didapat dengan harga murah, seperti makanan pokok, sayuran, buah, biji-bijian dan protein.

Berikut daftar makanan sehat seperti dirangkum dari laman Webmd.com dan Healthline.com:

1. Brokoli

Sayuran ini hampir menyediakan semua nutrisi yang kita butuhkan. Brokoli sangat kaya terhadap vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kaya terhadap vitamin K dan folat yang berperan dalam pembekuan darah dan mencegah cacat lahir tabung saraf tertentu.

Studi menunjukkan bahwa nutrisi dan antioksidan dalam brokoli mampu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Sayuran ini dapat dinikmati secara mentah atau masak.

2. Bawang

Bawang memiliki banyak manfaat kesehatan dengan harga yang tergolong murah. Bawang terkenal kaya antioksidan tertentu yang dapat melindungi penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

Selain itu, bawang termasuk vitamin C, mangan, vitamin B6, dan kalium. Bawang dapat dimakan secara mentah atau dihidangkan dalam sayur.

3. Bayam

Sayuran ini sangat cocok untuk diet sehat, selain menahan nafsu makan, sayuran ini kaya akan vitamin K yang mana berperan penting dalam kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, bayam menyediakan vitamin A, vitamin C, folat, dan mangan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Bayam bisa ditambahkan ke salad, sup, campuran smootie, atau dimasak sayur seperti pada umumnya.

four. Kentang

Kentang memiliki sumber nutrisi yang sangat baik dan cocok untuk mengontrol nafsu makan yang sedang menjalankan food plan sehat. Makan kentang secara teratur bagus untuk kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh karena banyak vitamin C dan B yang tersedia. Kentang dapat dipanggang atau direbus dan dijadikan lauk ketika makan.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya terhadap beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan mata. Ubi jalar juga mengandung vitamin B, vitamin C, kalium dan serat dalam jumlah yang layak.

Studi menunjukkan ubi jalar memiliki efek anti-inflamasi yang membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan diabetes. Ubi jalar dapat dihidangkan dengan cara kukusan, dibuat kue atau apa saja.

6. Tomat Kalengan

Tomat adalah sayuran yang paling sering dikonsumsi dalam makanan Amerika. Tomat sangat bergizi dan memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Tomat juga menyediakan beberapa vitamin A, E, dan K.

Makan Tomat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, tekanan darah rendah, dan risiko penyakit jantung. Tomat dapat dimakan secara mentah, dibuat jus, atau dihidangkan dalam sayur.

7. Wortel

Wortel adalah sayuran yang murah dan padat nutrisi dan cocok untuk dimasukkan dalam food regimen. Wortel kaya terhadap beta-karoten yang bertanggung jawab atas kandungan vitamin A.

Selain itu, wortel mengandung banyak serat, vitamin C, vitamin K, kalium dan mangan. Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, makan wortel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker prostat dan lambung.

8. Nasi Merah

Nasi merah termasuk makanan yang murah serta menyediakan serat, vitamin, dan mineral. Nasi Merah dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung serta mengontrol nafsu makan untuk pengendalian berat badan. Dapat dihidangkan dengan sayur untuk lebih bervariasi.

9. Oatmeal

Oatmeal terbuat dari gandum utuh padat nutrisi yang mengandung nutrisi dengan vitamin B, zat besi, mangan, fosfor, seng, dan magnesium. Dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dan bisa membantu program food plan sebagai pengganti nasi. Oat dapat dinikmati sebagai makanan sarapan yang dipadukan dengan buah, susu, yogurth, dan beberapa bahan lain.

10. Pisang

Pisang memiliki banyak manfaat dengan beberapa vitamin dan mineral penting. Seperti vitamin C, B6, kalium dan mangan. Serat yang ada dalam pisang mampu mengenyangkan dan melancarkan pencernaan. Pisang dapat dimakan langsung atau diolah menjadi masakan lain.

eleven. Jeruk

Jeruk yang kaya terhadap kandungan vitamin C mampu menambah kekebalan tubuh. Jeruk memiliki serat, antioksidan dan banyak nutrisi lainnya, termasuk vitamin B, kalsium dan kalium.

Mengkonsumsi jeruk dan buah-buahan lain secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko beberapa kondisi, seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Jeruk dapat dihidangkan dimakan secara langsung atau diolah dengan yogurt, salad dan smoothie.

12. Apel

Apel memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, dan kontrol gula darah. Apel juga kaya terhadap vitamin C, vitamin B, dan mineral serta beberapa antioksidan. Apel adalah makanan yang mudah dan nyaman untuk ditambahkan ke food regimen Anda dan biasanya dikonsumsi sebagai camilan atau dicincang menjadi salad.

thirteen. Telur

Telur merupakan makanan paling bergizi karena mengandung enam gram protein dan antioksidan yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat melindungi kesehatan mata. Telur sangat baik untuk yang sedang menjalankan program food plan.

Telur juga menyediakan sebagian dari hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Telur dapat disajikan secara rebus, goreng, panggang, atau diolah dengan masakan lannya.

14. Dada Ayam

Dada ayam sangat bermanfaat untuk menunjang program food plan karena setengah dada ayam terdapat 27 gram protein berkualitas tinggi. Artinya, mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Dada ayam juga mengandung vitamin dan mineral penting dalam jumlah tinggi, seperti niasin, vitamin B6, fosfor, magnesium, dan selenium. Selain menunjang program diet, dada ayam juga mampu mengurasi risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

15. Yogurt

Yogurt adalah minuman bergizi. Dalam satu cangkirnya (245 gram) mengandung thirteen gram protein dan banyak vitamin B. Lalu 45 persen untuk kalsium, 35 persen untuk fosfor dan 15 persen untuk seng.

Selain itu, beberapa yogurt adalah sumber probiotik yang baik dan mengandung bakteri sehat yang dapat memberi manfaat bagi kesehatan pencernaan. Yoghurt rasanya enak bila dikombinasikan dengan buah atau kacang, atau bisa ditambahkan ke smoothie. Yogurt juga bisa dibuat menjadi saus dan dikombinasikan dengan hidangan yang dimasak.

(tirto.id – Kesehatan)

Kontributor: Zulfa Nur Widowati
Penulis: Zulfa Nur Widowati
Editor: Alexander Haryanto

Subscribe Now