Salah satu jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan adalah buah, terutama apel.

Bukan tanpa alasan, buah apel diketahui memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah dan menguntungkan bagi tubuh ibu hamil dan janin.

Apel juga kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Nah, agar lebih jelas, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat apel hijau yang bisa didapatkan oleh ibu hamil.

1. Apel hijau dapat mengurangi mual dan muntah
parenting.firstcry.comSaat masa kehamilan, perut perempuan cenderung menjadi lebih sensitif.

Hal tersebut dikarenakan oleh meningkatnya asam lambung, di mana hal itu bisa memicu rasa mual dan muntah.

Untuk mengatasinya, Mama dapat mengonsumsi buah apel hijau. Nutrisi dalam apel hijau memiliki fungsi yang dapat menurunkan asam lambung.

Rasa asam pada buah tersebut juga dapat mengurangi rasa mual dan muntah yang dirasakan selama masa kehamilan.

2. Apel hijau bisa menurunkan risiko bayi terlahir prematur
familyeducation.comPada dasarnya, penyebab umum kelahiran bayi prematur adalah saat ibu hamil mengalami sekresi empedu berlebih, sehingga mengalami komplikasi.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah mengonsumsi apel hijau setiap hari. Selain itu, apel hijau juga dipercaya bisa membantu proses kelahiran bayi.

3. Apel hijau mampu mengontrol kadar gula darah
Pixabay/HansMartinPaulFitonutrien dalam apel hijau diketahui mampu membantu mengatur gula darah dalam tubuh.

Fitonutrien dipercaya membantu mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk membuat insulin, menghambat enzim yang terlibat dalam pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Untuk mendapatkan nutrisi terbaik, konsumsilah buah apel hijau secara langsung, bukan dengan mendapatkannya dari jus buah kemasan.

Jangan lupa juga untuk rutin memeriksa kadar gula darah jika ibu hamil menderita diabetes.

4. Mengatasi sembelit dengan apel hijau
Freepik/VgstockstudioSembelit yang sering terjadi pada ibu hamil disebabkan karena kurangnya asupan serat. Padahal, serat pada makanan berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Jika tidak segera di atasi sembelit bisa membahayakan kesehatan janin karena zat racun tidak bisa keluar dari tubuh.

Selain itu dikhawatirkan ibu hamil jadi terlalu sering mengejan sehingga terjadi penurunan gerak peristaltik pada saluran cerna yang dikhawatirkan akan berdampak buruk pada pecahnya air ketuban karena tekanan perut yang terlalu kuat.

5. Apel hijau dapat mengurangi bengkak pada tubuh
bethere.beebehealthcare.orgKetika hamil, beberapa bagian tubuh perempuan selain perut juga akan ikut membesar.

Meski wajar, namun beberapa perempuan merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh yang membengkak, terutama bagian kaki.

Untuk mengatasinya, konsumsilah apel hijau setiap harinya. Mengonsumsi apel setiap hari dipercaya bisa menurunkan pembengkakan pada kaki, tangan, siku dan anggota tubuh lainnya.

6. Apel hijau mengandung antioksidan
Freepik/Rawpixel.comTak hanya kaya vitamin dan serat, buah apel hijau juga memiliki kandungan yang baik sebagai antioksidan dalam tubuh.

Dengan begitu, racun-racun dalam tubuh ibu hamil pun mampu dibasmi, sehingga dapat mengurangi radikal bebas dari luar tubuh.

Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai menyebabkan penuaan.

7. Meningkatkan energi dengan apel hijau
Freepik/YanalyaMudah lemas dan lelah adalah salah satu hal umum yang sering dialami oleh ibu hamil, untuk mengatasi hal ini, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah apel dipercaya dapat memberikan suplai energi pada ibu hamil.

Oleh karena itu, konsumsilah satu buah apel setiap hari untuk mengembalikan semangat seperti sediakala.

Nah, itulah ketujuh manfaat buah apel hijau untuk ibu hamil dan janin.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga: