IDEAonline –Dapur yang bisa menyimpan berbagai benda tidak harus tampak berantakan. Dengan laci-laci, Anda bisa mewujudkandapur rapi namun banyak penyimpanan.

Dulu, dapur dianggap sebagai area belakang yang kotor sehingga penataannya sering diabaikan.

Yang penting bisa buat masak, begitu ungkapan yang sering terdengar.

Kini, seiring berkembangnya kesadaran untuk mempercantik setiap bagian rumah, orang-orang mulai mendandani dapur dan bahkan mulai berani “memajang” dapur sehingga terlihat dari ruangan lain.

Contohnya pada dapur ini. Area dapur dibuat terlihat dari ruang makan dan ruang keluarga, sehingga kerapiannya sangat diperhatikan.

Baca Juga: Penghasilan Capai Rp200 Miliar Lewat Kerajaan Bisnisnya, Rumah Pedangdut Cantik Ini Justru Terletak di Gang Sempit, Warganet Soroti Tulisan yang Nempel di Pagarnya!

Baca Juga: Bikin Jatuh Hati, Warganet Justru Salah Fokus dengan Sikap Nagita yang Bersimpuh di Lantai Sambil Peluk Erat Artis Cantik yang Menangis Sesenggukan Ini, ‘Eh Jangan di Bawah’

Denah Dapur Minimalis, Inspirasi Paduan Dapur Bentuk L dan U!

Karenanya, pemilik rumah meminta kepada desainer—yang juga mendesain rumahnya—untuk membuat dapuryang rapi dan banyak akan tempat penyimpanan namun berkesan ringan.

Untuk memenuhi permintaan ini, sang desainer menggunakan desainminimalis.

Tema minimalis juga diambil untuk menyesuaikan dapur dengan tema rumah secara keseluruhan.

Bahan pelapis kitchen set ini menggunakanHPL, baik untuk kabinet maupun tebletop-nya.

Untuk meringankan kesan “berat” yang timbul akibat penggunaan kayu di seluruh bagian dapur, dipakailah warna-warna muda/terang, ditambah dengan unsur kaca pada kabinet.

Di seluruh bagian bawah kabinet diisi dengan laci-laci, baik laci kecil—untuk meletakkan bendabenda seperti makanan, kopi instan—ataupun laci berpintu dua, untuk meletakkan peralatan yang berukuran besar.

Paduan “L” dan “U”

Kitchen set ini merupakan paduan antara bentuk “L” dengan bentuk “U”. Alasannya, jika dibuat bentuk “L” saja, ruang kosong yang tersisa sangat banyak.

Jadi ditambahkanlah satu “pulau” (biasa disebut island) di tengah bentuk “L” itu.

Pulau ini bisa digunakan untuk meletakkan masakan yang sudah jadi. Kalau diberi tambahan kursi, pulau ini bisa juga berfungsi sebagai meja makan.

Area memasak diletakkan di sisi pendek yang berdekatan dengan jendela, supaya saat memasak si pemilik dapat menikmati pemandangan di taman yang ada di sebelahnya.

Denah dapur minimalis

Namun, kompor tidak langsung diletakkan di tepi jendela melainkan agak ke tengah, karena angin dari jendela bisa meniup api di atas kompor.

Lemari es ditempatkan di ujung agar tak terlalu dekat kompor, karena uap panas dari kompor bisa merusak kondensor lemari es.

Selain itu, lemari es masih bisa juga dijangkau dari ruang makan.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 81

(*)

Video Pilihan
PROMOTED CONTENT