Tidak dapat sobat pungkiri lagi, rumah zaman sekarang banyak sekali yang dibangun dalam ukuran kecil akibat keterbatasan lahan dan mahalnya harga tanah. Hal ini juga berdampak pada ukuran ruang-ruang yang ada di dalam rumah, salah satunya adalah dapur. Sehingga ramai sekali orang-orang mencari ide desain dapur minimalis, desain dapur ini merupakan desain yang sering digunakan orang-orang karena dipercaya mampu menciptakan kesan lebih luas dibanding aslinya.

Apakah sobat adalah salah satu orang yang ingin menerapkan desain dapur minimalis di rumah? Jika ya, maka beberapa ide untuk desain dapur minimalis yang Vira kumpulkan berikut ini bisa jadi pas buat sobat!

Dapur Minimalis dengan Meja dan Kursi Bar

supply: pinterest

Terkadang kita harus menyesuaikan gaya hidup dengan ukuran rumah yang dihuni. Ide model dapur minimalis yang pertama adalah menggabungkan ruang masak dengan meja makan yang berkonsep bar dan menggunakan kursi tinggi sebagai kursi seperti di bar.

Dapur minimalis sederhana dengan tren penggunaan kursi bar ini sedang populer terutama dikalangan masyarakat trendy. Desainnya yang dianggap bisa menyesuaikan dengan zaman juga bisa menghemat tempat karena pada umumnya mannequin meja dan kursi bar ini tidak memakan terlalu banyak area seperti meja makan pada umumnya.

Dapur Minimalis yang Didominasi Abu-abu

source: pinterest

Meskipun konsep desain dapur minimalis selama ini identik dengan dominasi warna putih. Tapi jika sobat tidak mau seluruh dapur berwarna putih karena khawatari akan mudah terlihat kotor atau kusam, siasati saja dengan memadukannya bersama warna abu-abu melalui sejumlah elemen seperti rak yang menempel di dinding, corong lampu, karpet, hingga keramik untuk area backsplash.

Warna abu-abu ini dipercaya dapat memberikan kesan mewah sekaligus membuat ruangan terlihat leluasa. Pengunaan abu-abu juga bisa membuat tampilan menjadi dapur minimlais modern. Sobat pasti ingin dong membuat dapur yang berukuran terbatas terlihat lega dan merasa nyaman ketika sedang beraktifitas di dalam dapur minimalis.

Dapur Minimalis Ukuran 2×2 pun Bisa Terlihat Lapang

supply: pinterest

Bicara mengenai trik agar dapur terlihat lega dan leluasa nyatanya sudah bisa sobat terapkan lho. Karena dapur berukuran 2×2 pun bisa sobat akali agar terlihat lapang.

Kunci utamanya adalah dengan penggunaan desain dapur minimalis yang menggunakan konsep dapur menyatu dengan ruangan keluarga atau ruangannya lainnya yang terkesan terbuka. Pada ide desain dapur minimalis ini, ruangannya menyatu dengan ruang makan yang menggunakan meja dapur minimalis atau bisa juga dengan koridor yang didesain menggunakan keramik dapur minimalis.

Ruang dapur minimalis ini tidak dibatasi oleh dinding atau papan pembatas lainnya, hanya dibatasi dengan menggunakan lemari dengan tinggi setengah tinggi badan orang dewasa agar dapur tetap terlihat luas. Untuk membedakan suasana dapur dari ruang lainnya, sebaiknya sobat memilih untuk bisa menggunakan materials kayu pada sebagian furnitur. Misalnya pada lemari constructed-in, tempat cooker hood, dan bagian luar rak kompor.

Karena kesan dari furnishings kayu ini akan memunculkan nuansa yang nyaman dan hangat sehingga membuat siapapun betah berada di dekatnya.

Dapur Minimalis yang Minimal Pencahayaan Listrik

source: pinterest

Pada zaman yang semakin cepat dan fashionable seperti sekarang di mana kebutuhan hidup rasanya serba mahal dan terus menerus mengalami kenaikan harga ,tentunya sobat harus pintar berhemat pada setiap aspek. Salah satunya adalah menghemat penggunaan lampu pada siang hari. Sebagai gantinya gunakanlah cahaya matahari.

Pencahayaan matahari ini bisa menerangi ruang dapurmu dengan maksimal lho. Tips dari Vira gunakanlah warna-warna furnishings yang cukup terang agar ketika bersentuhan dengan sinar matahari warna Nampak tajam dan keluar.

Dapur minimalis dengan sentuhan warna abu-abu ini terlihat nampak terang dan juga cerah pada siang hari berkat jendela besar dan skylight. Agar suasana di dalam dapur minimalis ini tidak terlalu monoton, sobat bisa meletakkan kulkas berwarna mencolok seperti merah.

Yakin deh semkain semangat untuk masak setiap hari kalua nuansanya terlihat tidak ketinggalan zaman seperti gambar dapur minimalis di atas.

Dapur Minimalis dengan Kitchen Island

supply: pinterest

Merrasa bosan dengan dapur minimalis yang posisi furniturnya menempel pada dinding? Atau merasa desain dapur dengan desain deikian sudah katro atau ketinggalan zaman? Coba yu desain dapur minimalis dengan menggunakan konsep kitchen island sebagai tempat meletakkan kompor dan bak cuci piring sekaligus. Saran dari Vira pilihlah kitchen island berukuran kecil, agar tidak membatasi ruang gerak sobat ketika sedang asyik memasak di dapur.

Agar dapur minimalis mungil dengan konsep kitchen Island ini terlihat lebih rapi sobat bisa mengakalinya dengan misalnya mencoba letakkan meja makan di samping kitchen island tersebut supaya kamu tidak perlu repot melangkah jauh untuk menyajikan makanan atau saat merapikan piring. Interior dapur minimalis yang didominasi warna abu-abu juga cocok untuk dapur minimalis agar memiliki sentuhan yang sedikit fashionable. sobat juga bisa memodifikasinya menjadi dapur terbuka.

Desain dapur ini terlihat fashionable dan tidak membosankan lho! Yuk kita coba.

Dapur Minimalis Serba Kayu

supply: pinterest

Desain dapur minimalis selanjutnya yaitu didominasi oleh furnitur yang terbuat dari kayu. Supaya dapur minimalis fashionable di rumah mungil milikmu ini terlihat lebih luas, buatlah pembatas tempat cuci piring yang tidak terlalu tinggi. Jika sobat bisa memandang area di sekitar dapur, tentu akan lebih nyaman kan? Meletakkan microwave dan oven pada constructed-in furnitur juga merupakan pilihan yang tepat untuk kesan yang lebih rapi di dapur minimalis.

Furnitutr kayu meskipun terlihat klasik namun tetap cocok untuk nuansa modern lho jadi sangat cocok mejadikan desain dapur minimalismu semakin terlihat fashionable.

Dapur Minimalis yang Terasa Hangat

source: pinterest

Tampilan dari dapur minimalis tidak hanya harus tampil cantik dan juga selalu bersih, tapi juga harus memberikan kenyamanan bagi siapapun penggunanya. Dapur minimalis dengan tampilan fashionable yang satu ini tampil bersih berkat penyusunan lemari yang efisien. Sebagian lemari di dapur minimalis ini dibuat menempel pada dinding agar menghemat ruang dan mudah dijangkau oleh penggunanya.

Bentuk furnitur dan perabotan yang digunakan juga sederhana. Lantai dapur menggunakan materials kayu juga bisa menjadi piliha untuk sobat yang akan memberikan nuansa hangat dan nyaman bagi setiap orang yang berada di sana.

Jika sobat membutuhkan area penyimpanan tambahan, hadirkan juga rak show kecil di sudur space dapur yang masih kosong. Semua bisa diakali dengan kreativitas sobat lho, terus diasah yuk agar suasana dapur minimalis modern milik sobat semakin idaman.

Dapur Minimalis yang Berpadu dengan Desain Kontemporer

supply: pinterest

Nah ini dia konsep desain dapur minimalis yang akan semkain menunjukan sisi modernnya. Cocok untuk sobat milenials banget nih. Yap. Desain dapur minimalis berikutnya merupakan perpaduan dengan desain kontemporer. Yang di kuatkan dengan beberapa peran sejumlah furniture dan perlengkapan untuk memasak berwarna gelap atau bisa juga hitam, seperti pada penggunaan corong lampu, kursi untuk makan, keran air bahkan pada panic dan beberapa alat masak lainnya.

Salah satu elemen yang terkesan unik pada dapur minimalis modern berpadu kontemporer berikut ini adalah dinding khusus berwarna hitam. Dinding hitam ini bisa digunakan sebagai media menggambar si anak atau untuk menulis catatan kecil menggunakan kapur ketika menunggu sobat memasak makanan untuknya dan coretannya bisa dihapus kapan pun kamu mau. Seru, ya?

Dapur minimalis dengan desain kontemporer juga bisa dibuat menjadi mannequin dapur minimalis terbuka lho. Mengingat konsep dari kontemporer yaitu penerapan area yang tanpa pembatas.

Nah bagaimana nih sobat? Sudah mendapat inspirasi dapur idamannya? Nah kalua bergitu apakah sobat VOIRE sudah siap wujudkan dapur minimalis trendy yang #benarbenaridaman bersama VOIRE Project?

Baca juga artikel lainnya: