TMonday, August 17, Memiliki lahan yang terbatas terutama jika Anda tinggal di kota-kota besar adalah sesuatu yang lumrah. Hal ini terutama disebabkan karena tingginya harga jual tanah sehingga sebagian dari calon konsumen hanya mampu membangun atau membeli dengan luas tanah yang terbatas.

Merancang desain rumah sebaiknya dengan mempertimbangkan bahwa untuk masa yang akan datang model tersebut bisa dikembangkan dan diperluas, misalnya dengan semakin bertambahnya anggota keluarga Anda kebutuhan akan tambahan ruangan bisa dengan cara membangun lantai 2 tanpa merubah bangunan utama yang sudah ada.

Sekilas Tentang Desain dan Model Rumah Minimalis
Gaya desain minimalis mengalami perkembangan yang cukup signifikan, awalnya diambil dari kata “minimalisme” yang memiliki konsep much less is morenamun mengikuti konsep desain arsitektur fashionable lebih ke arah form observe function atau bentuk harus memiliki fungsi utama dan menghilangkan bentuk-bentuk yang tidak memiliki fungsi.

Desain minimalis kontemporer merupakan perkembangan transformasi dari desain minimalis, dimana rumah minimalis yang terkesan simpel bisa dibuat lebih unik dan dinamis atau bisa dikatatakan desain evolusioner yang merupakan desain minimalis masa kini.

Karakter utama desain kontemporer lebih mengutamakan permainan dinding yang unik, penggunaan bidang kurva (lengkung), dan bidang miring menjadi ciri khas utama yang sangat menonjol. Penggunaan kaca yang lebar untuk memaksimalkan pencahayaan, menggunakan bahan materials yang alami dan natural seperti batu alam yang berwarna gelap, penggunaan bahan kayu terlihat lebih elegan.

Kalau dilihat lebih element konsep utama minimalis memiliki kararkter utama dengan desain yang didominasi bentuk kotak dan garis vertikal dan horizontal dan penggunaan warna yang berkarakter alami seperti warna abu-abu dan putih.

Konsep Desain Rumah Minimalis yang Ideal
Konsep minimalis yang simple dan elegan merupakan konsep dasar dalam perencanaan desain rumah minimalis ini.

Keseluruhan ruangan dirancang dengan konsep memiliki space bukaan yang cukup untuk pencahayaan daan sirkulasi udara yang baik. Dengan perencanaan letak format ruangan yang baik membuat space terkesan lebih rapi dan luas.

Terlihat structure seluruh ruangan memiliki fungsi yang sangat perfect, dimana setiap ruangan kamar tidur bearada di sisi luar sehingga faktor pencahayaan akan sangat baik. Berikut gambar mannequin dan desain rumah minimalis type seventy two dan berikut rencana pengembangannya ke sort a hundred and fifty dua lantai :

1. Desain dan Model Rumah Minimalis Type seventy two
Gambar Denah Type seventy two – Architect Design by Yulizar Thamrin

Gambar Tampak Depan Type 72 – Architect Design by Yulizar Thamrin

Gambar Tampak Samping Type 72 – Architect Design by Yulizar Thamrin

Gambar Atas (Atap) Type seventy two – Architect Design by Yulizar Thamrin

Model atap ini didesain dengan mempertimbangkan sisi ekonomis untuk rencana pengembangan ke depan mengenai perluasan pembangunan lantai dua.

2. Desain dan Model Rumah Minimalis Type one hundred fifty (Pengembangan Type seventy two)
Gambar Denah Lantai Bawah Type one hundred fifty – Architect Design by Yulizar Thamrin
Catatan: Kalau dilihat gambar denah sort 72 dan lantai bawah type one hundred fifty ini masih menggunakan bangunan yang sama yaitu masih type 72, perubahannya yaitu terletak pada ruangan dapur dan ruang tidur pembantu, pada type a hundred and fifty kamar tidur pembantu dijadikan pantry dan space dapur dijadikan tangga untuk naik ke lantai dua.

Gambar Denah Lantai Atas Type 150 – Architect Design by Yulizar Thamrin

Gambar Tampak Depan Type one hundred fifty – Architect Design by Yulizar Thamrin

Gambar Tampak Samping Kiri Type a hundred and fifty – Architect Design by Yulizar Thamrin

Gambar Tampak Samping Kanan Type one hundred fifty – Architect Design by Yulizar Thamrin

Gambar Tampak Atas (Atap) Type a hundred and fifty – Architect Design by Yulizar Thamrin

Gambar Tampak Pagar Rumah Minimalis – Architect Design by Yulizar Thamrin Gaya desain inside rumah minimalis sebaiknya terdiri dari satu tema dan konsisten. Penataan ruang harus diupayakan agar tidak ada bagian atau ruang yang tidak terpakai.

Berikut beberapa suggestions interior rumah minimalis:

* Gunakan furniture yang memiliki bentuk geometri yang seimbang tanpa banyak pernak pernik agar penataannya lebih efisien.
* Pilihlah warna furnishings kelompok warna netral seperti warna putih, abu-abu, dan hitam.
* Maanfaatkan ruang sisa sebagai tempat area penyimpanan atau gudang.
* Menempatkan jalur pintu yang sejajar agar lalu lintas tidak menggangu space ruangan yang ada.

Rencana Anggaran Biaya Rumah Minimalis
Besaranya anggaran biaya saat ini untuk membangun kind rumah minimalis diatas dengan hitungan secara world dan menggunakan bahan materials kelas KW 1 untuk type seventy two satu lantai adalah sebesar lebih kurang three juta per meter persegi, sedangkan untuk type a hundred and fifty dua lantai adalah sebesar 4 juta rupiah.

Dengan hitungan asumsi rencana anggaran biaya diatas maka total biaya untuk membangun rumah minimalis type seventy two adalah lebih kurang sebesar 216 juta rupiah, sedangkan untuk kind one hundred fifty adalah sebesar 600 juta rupiah.