Desain rumah minimalis bukanlah sesuatu yang baru di dunia properti. Hampir semua developer real estate di Indonesia menggunakan desain rumah minimalis sebagai inspirasi arsitektur produk-produk propertinya. Tingginya harga tanah dan bangunan khususnya di daerah DKI Jakarta membuat developer properti ‘memutar otak’ untuk membuat rumah yang sempit menjadi terkesan besar dan lapang. Hal tersebut membuat rumah minimalis semakin digemari developer dalam pengembangan produknya.

Tak hanya developer yang menyukai disain rumah minimalis. Konsumen di Indonesia juga menyukai desain minimalis. Alasannya, karena desain rumah minimalis itu easy, elegan dan trendy serta memberikan kesan bahwa properti tersebut besar dan lapang. Alasan lain yang menyebabkan desain minimalis semakin digemari masyarakat adalah karena biaya pembangunan dan biaya perawatan yang murah dan mudah.

Design rumah minimalis menjadi inspirasi bagi banyak masyarakat. Banyak orang yang ‘latah’ ingin memiliki rumah minimalis karena mengikuti perkembangan zaman. Persepsi masyarakat adalah semua rumah yang baru dibangun adalah rumah minimalis. Padahal tidak semua rumah yang ditawarkan developer berkonsep minimalis. Berikut adalah ciri-ciri desain rumah minimalis :

1. Arsitektur Simple dan Geometris
Rumah berdesain minimalis memiliki beberapa ciri-ciri. Salah satu ciri yang dapat dilihat dari desain rumah minimalis adalah bentuknya yang sederhana. Rumah tersebut tidak memiliki banyak ornamen. Biasanya desain eksterior rumah minimalis hanya didominasi oleh guratan garis-garis yang geometris.

Tidak seperti rumah berdesain klasik yang didominasi oleh pilar-pilar besar berwarna emas, rumah minimalis bahkan tidak memiliki pilar. Bentuknya hanya didominasi oleh bentuk kubus atau persegi panjang. Atap dari rumah minimalis hanya miring dan rata. Tidak seperti atap genting berbentuk segitiga atau trapesium. Hal menarik lainnya adalah terkadang rumah minimalis tidak memiliki atap genting. Hanya berupa dak plafon yang dicor rata yang bagi sebagian pemilik properti dijadikan rooftop.

2. Detail Eksterior Sederhana Tanpa Ornamen Berlebih
Apakah Anda memperhatikan bahwa desain eksterior rumah zaman sekarang semakin sederhana? Kebanyakan dari rumah-rumah tersebut hanya memiliki ornamen garis atau tekstur yang simetris. Suatu hal yang sangat sederhana dibandingkan dengan desain rumah yang pernah berjaya zaman dulu, lengkap dengan pilar-pilar besar atau ornamen batu alam lainnya. Jika Anda menyadari hal tersebut, maka Anda telah mengetahui ciri-ciri rumah minimalis selanjutnya.

Eksterior pada rumah minimalis sangat sederhana. Biasanya hanya dihiasi ornamen garis simetris atau hanya polos tanpa ornamen. Tingkat kemudahan dalam proses pembangunan, biaya pembangunan yang lebih terjangkau serta perawatan yang mudah adalah hal utama yang menjadi faktor pertimbangan. Alasan tersebut yang menyebabkan desain rumah minimalis tampak sederhana namun tetap elegan.

three. Berwarna Cerah Namun Monotone
Rumah minimalis juga dapat dilihat dari pemilihan warna yang diterapkan. Rumah dengan gaya minimalis hanya didominasi oleh cat dengan warna cerah tapi monotone seperti putih, abu-abu, cream dan hitam. Penerapan warna tersebut sangat berpengaruh pada kesan luasnya sebuah bangunan. Warna cerah tersebut juga memberikan kesan elegan dan clear.

Anda disarankan untuk tidak mengaplikasikan warna cerah selain warna monotone. Penerapan warna cerah lain seperti pink atau blue sky sebenarnya sah-sah saja. Hanya saja, hal tersebut mengurangi kaidah dari desain rumah minimalis. Jika Anda tetap ingin mengaplikasikan warna tersebut pada rumah Anda, sebaiknya hanya dilakukan pada inside kamar pribadi Anda sesuai tema yang Anda sukai. Artinya, warna eksterior dan interior utama seperti ruang tamu dan ruang makan tetap didominasi oleh warna monotone.

four. Tata Ruang Sederhana

Ide sebuah rumah berdesain minimalis adalah untuk memaksimalkan lahan yang kecil agar tampak lega. Tata ruang bangunan juga dibuat sederhana dan multifungsi. Terdapat banyak ruang terbuka yang meminimalisir dinding pada interior serta memaksimalkan ruang yang kecil semaksimal mungkin. Pada dasarnya, desain tata ruang dibuat tanpa mengurangi keleluasaan ruangan.

Pada rumah minimalis, biasanya ruang tamu dan ruang makan berada bersebelahan dan tanpa ada sekat khusus. Sekat baru ditemui untuk pemisah kamar tidur dan kamar mandi. Tak jarang, jika tidak ada sekat untuk pemisah dapur. Namun ada beberapa pemilik properti yang menempatkan dapur terbuka yang langsung connecting dengan taman belakang rumah.

5.Minim Sekat Ruangan
Ide dasar dari sebuah rumah konsep minimalis adalah luas dan lapang. Oleh karena itu, penggunaan sekat antar ruangan harus diperhatikan. Penggunaan sekat untuk pembatas ruangan harus diminimalisir. Hal itu dilakukan agar interior rumah terasa lega dan besar. Apabila Anda terpaksa harus menyekat ruangan tersebut, maka gunakan partisi multiguna. Partisi interior multiguna yang biasa digunakan adalah tempat untuk menaruh TV lengkap dengan laci-laci serbaguna atau lemari kaca yang minimalis.

Apabila Anda tetap ingin membuat partisi, tetapi tidak ingin menyekat ruangan, maka solusinya Anda bisa menggunakan ruang dibawah tangga. Jadikan ruang dibawah tangga sebagai tempat untuk menyimpan barang dengan menjadikannya sebuah lemari multifungsi. Selain berfungsi untuk menyimpan barang, sehingga lebih rapi dan enak dipandang, penggunaan space dibawah tangga juga memaksimalkan ruang sempit menjadi lebih berguna. Pastikan penggunaan partisi tersebut memiliki warna monotone seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

6. Furnitur Minimalis
Penggunaan furnitur yang easy namun multifungsi adalah solusi tepat untuk membuat interior rumah Anda menjadi lebih lapang. Jangan gunakan furnishings berukuran besar dengan ornamen kayu berdesain klasik pada rumah minimalis. Hal itu akan melenceng dari kaidah desain rumah minimalis dan akan mengganggu pemandangan. Pastikan Anda tetap konsisten terhadap konsep rumah minimalis hingga ke furniture yang digunakan.

Anda dapat mengunjungi beberapa toko furniture yang menyediakan furniture minimalis yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Sebaiknya, Anda juga melakukan shopping untuk mencari inspirasi inside rumah Anda. Pada dasarnya, adalah memaksimalkan ruang yang ada dengan furniture minimalis yang multifungsi. Furniture yang minimalis dan inside yang luas tentu akan membuat Anda semakin betah dan nyaman berada dirumah.

7. Memiliki Jendela Besar untuk Memaksimalkan Pencahayaan Interior Rumah
Rumah yang memiliki pencahayaan yang baik adalah sebuah nilai positif. Suasana di ruangan menjadi lebih terang dan lebih sehat. Rumah yang memiliki sirkulasi cahaya dan sirkulasi udara yang bagus akan membuat tingkat kelembaban menurun. Hal tersebut juga membuat udara di dalam rumah menjadi lebih segar dan sehat. Rumah dengan jendela besar merupakan tren ‘zaman now’.

Developer rumah minimalis kini berlomba-lomba untuk membuat desain rumah dengan kaca yang besar. Alasannya, agar desain rumah terlihat fashionable serta memiliki tingkat pencahayaan yang bagus. Tentunya material kaca yang dipilih harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Sangat disarankan untuk Anda agar memilih kaca tempered glass sehingga pada saat hal yang tidak diinginkan terjadi, pecahan kaca akan menjadi serbuk-serbuk. Bukan layaknya pecahan botol kaca. Hal ini akan meminimalisir resiko keselamatan pada saat hal yang tidak diinginkan terjadi.

8. Memiliki taman yang minimalis
Rumah tanpa sebuah taman akan terasa kurang lengkap. Taman merupakan salah satu bagian rumah yang bisa dijadikan sebagai sarana penyaluran hobi atau tempat refreshing dari rutinitas. Banyak pemilik properti yang mendesain taman sedemikian rupa. Taman tersebut biasanya berada di depan rumah yang berdampingan dengan parkiran mobil. Tak jarang pula sebuah taman berada di belakang rumah.

Taman pada rumah minimalis harus didesain berkonsep minimalis pula. Artinya tanaman yang ditanam juga berukuran kecil sehingga tidak terlihat penuh. Anda bisa menanam bunga anggrek atau kaktus mini sebagai penghias taman Anda. Pastikan Anda juga memperhatikan desain arsitektur pendukung pada taman Anda. Buat taman Anda semakin hidup dengan tetap memperhatikan ketenangan dan kesederhanaan.

Desain rumah minimalis dapat diaplikasikan pada rumah tipe apapun. Bahkan dapat diaplikasikan pada rumah sangat sederhana tipe 21. Developer juga memiliki kecenderungan untuk membuat rumah dengan desain minimalis. Berikut beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menjadikan desain rumah minimalis sebagai inspirasi pembangunan rumah, diantaranya :

1. Tingkat kesulitan dalam proses pembangunan yang minim.
2. Banyaknya, ahli bangunan yang paham membangun rumah desain minimalis.
3. Biaya pembangunan yang lebih terjangkau.
4. Perawatan rumah yang mudah.
5. Model yang modern dan eternal.

Rumah dengan desain minimalis memang telah menjadi pilihan bagi sebagian orang di Indonesia. Berbagai keunggulan diatas menjadikan alasan mengapa masyarakat di perkotaan lebih menyukai rumah dengan desain minimalis. Salah satu developer properti yang baru saja meluncurkan produk rumah tapak dengan minimalis adalah Lippo Group. Pada awal tahun 2020, Lippo Group meluncurkan produk properti Waterfront yang berlokasi di Lippo Cikarang.

Waterfront merupakan rumah tapak yang memiliki desain minimalis. Bukan sekedar minimalis, Waterfront juga memperhatikan aspek keleluasaan interior, pencahayaan serta sirkulasi udara yang bagus. Sebuah rumah yang memiliki pendekatan dengan alam. Semua itu dirancang sedemikian rupa dengan berkolaborasi dengan arsitek-arsitek berstandar internasional. Sebuah gebrakan yang dilakukan oleh Lippo Group di awal tahun.

Desain eksterior rumah tersebut sangat simple dan dilengkapi dengan jendela yang besar. Rumah ini memiliki pencahayaan yang bagus sehingga mengurangi kelembaban pada sektor inside. Rumah tapak ini memiliki atap yang simetris dengan memperhatikan estetika sebuah rumah modern. Pemilihan warna yang dipilih juga selaras dengan kaidah desain rumah minimalis. Bagian eksterior didominasi oleh warna putih dan abu-abu muda yang elegan.

Desain interior rumah tapak ini juga tampak simple namun berkelas. Ornamen kayu pada lantai memberikan kesan mewah pada rumah ini. Selain itu, atap rumah ini juga dibuat tinggi sehingga memudahkan anda memilih furnishings. Hal yang terutama adalah hampir tidak ada sekat antar ruangan pada interior rumah ini.

Waterfront juga memberikan ruang kosong di bagian belakang rumah. Anda bisa membuat sebuah taman minimalis untuk bersantai. Jika terasa kurang, maka Anda bisa membuat taman di bagian depan rumah. Letaknya tepat bersebelahan dengan carport untuk mobil kesayangan Anda. Sebuah nilai positif untuk sebuah rumah hunian.

Memiliki rumah dengan desain minimalis adalah impian sebagian besar orang. Apalagi rumah dengan berbagai keunggulan diatas. Rumah minimalis tak harus mahal, yang penting nyaman untuk ditinggali. Waterfront menjawab semua keinginan Anda. Bayangkan saja, rumah minimalis yang nyaman ditinggali dengan konsep trendy dapat dimiliki hanya dengan Rp. 650 juta saja. Harga tersebut belum termasuk berbagai promo menarik yang ditawarkan.

Lippo Group memberikan promo Mid Year Bonanza untuk pembelian Waterfront di pertengahan tahun 2020. Promo ini berlaku selama bulan Juni 2020. Anda akan mendapatkan diskon sebesar 33% + 1% untuk setiap pembelian produk Waterfront. Anda juga akan mendapatkan hadiah motor Honda Scoopy khusus untuk pembayaran Cash dan KPR. Promo yang sangat menarik untuk Anda.

Anda bisa menghubungi agen properti Ray White kepercayaan Anda untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai initiatives rumah tapak Waterfront. Kami akan dengan senang hati membantu Anda dalam memberikan informasi seputar produk yang ditawarkan, promo-promo menarik serta membantu Anda dalam proses pembelian properti primary. Ray White tidak hanya melayani transaksi jual-beli rumah secondary tetapi Ray White juga melayani transaksi jual-beli properti main.

Ray White telah memiliki pengalaman di dunia properti selama 23 tahun. Ray White juga memiliki berbagai agen properti yang spesialis baik properti main maupun secondary. Berbagai listing rumah, apartemen hingga properti untuk keperluan komersial bisa didapatkan dengan mudah hanya di Ray White. Jaringan bisnis Ray White tidak hanya di Indonesia tetapi juga ada di Australia, Singapura, India bahkan Uni Emirat Arab.

Sebagai agen properti nomor satu di Indonesia. Ray White telah meraih berbagai penghargaan. Top Brands Award salah satunya. Ray White meraih penghargaan tersebut selama tujuh tahun berturut-turut sejak 2013. Hal ini membuktikan bahwa Ray White adalah agen properti yang profesional dan memiliki integritas.

Ray White memberi bukti bukan janji.
Source : Dekoruma, Ruparupa, Lippo Cikarang, My Homes, Pinterest.