Layanan Paliatif Onkologi di Rumah Penting untuk Penderita Penyakit Kronis

 

Layanan paliatif onkologi di rumah merupakan bentuk pelayanan kesehatan bagi penderita penyakit berat, termasuk diantaranya adalah kanker yang sudah masuk pada stadium kronis sehingga perawatan ditujukan untuk membuat mereka menjadi lebih tenang secara psikis. Mengingat tidak dapat dipungkiri jika seandainya penyakit yang satu ini termasuk masalah kesehatan yang berbahaya. Angka kematian yang disebabkan olehnya terbilang cukup tinggi. hal tersebut dikarenakan banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka terkena kanker dan baru mengetahuinya setelah masuk stadium lanjut, sehingga pengobatan tidak bisa optimal.

 

Berbicara mengenai sel kanker sendiri pada dasarnya ia memang dapat tumbuh di bagian tubuh manapun dan menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Mulai diantaranya adalah anak-anak sampai dengan orang dewasa. Kondisi tersebut akan semakin parah jika tak segera ditangani secara tepat. Berikut ini diantaranya beberapa jenis kanker paling mematikan yang patut Anda ketahui, yaitu:

 

  1. Kanker paru-paru, mayoritas diantara penderita kanker paru-paru ini memang baru mengetahui bahwa dirinya terserang setelah kondisi sudah kronis. Sehingga penanganan juga terlambat. Resikonya cukup tinggi untuk menyebar ke berbagai bagian tubuh lain. Perokok beresiko tinggi untuk terkena penyakit kanker paru-paru, yaitu dengan persentase 80 hingga 90 persen, baik itu perokok aktif maupun pasif. Namun mereka yang bukan perokok juga tetap beresiko terserang penyakit ini.
  2. Kanker payudara, wanita pada umumnya memiliki resiko paling tinggi untuk terserang kanker payudara dibandingkan dengan laki-laki. Khususnya adalah mereka yang mendapatkan menstruasi di usia dini. Faktor resiko lainnya yang meningkatkan untuk terkena penyakit kanker payudara adalah kurangnya olahraga dan kebiasaan mengonsumsi alkohol berlebih.
  3. Kanker usus besar, penyakit kanker yang menyerang sistem pencernaan ini pada dasarnya dapat terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita. Faktor resikonya semakin besar pada mereka yang memiliki pola makan kurang sehat, kurang melakukan aktivitas fisik, obesitas dan juga seorang perokok. Maka dari itu jasa asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, termasuk diantaranya adalah dengan membatasi konsumsi daging merah, makanan olahan maupun alkohol.
  4. Kanker prostat, jika wanita beresiko tinggi untuk terkena kanker payudara, maka sebaliknya pria juga beresiko tinggi terkena penyakit kanker prostat. Bahkan kanker yang satu ini tidak disertai dengan gejala yang nyata. Bahkan pada penderita kanker prostat yang sudah masuk stadium lanjut, maka penderitanya akan kesulitan di dalam buang air kecil sampai mengalami rasa sakit pada bagian pinggang hingga punggung.
  5. Leukimia, dikenal juga sebagai penyakit kanker darah, penyakit yang satu ini pada dasarnya menyerang tulang sumsum yang seharusnya memproduksi sel darah merah dan putih yang sehat. Pada penderita leukimia ini produksi sel darah putih tidak dapat berkembang secara normal sehingga dapat memicu terjadinya pendarahan, memar hingga lebih mudah terkena infeksi.
  6. Limfoma non hodgkin, limfoma ini sendiri pada dasarnya adalah tumor yang terbentuk dari limfosit, yaitu salah satu jenis sel darah putih. Penyakit ini terbilang begitu ganas sehingga rentan memicu kematian pada penderitanya.

 

Penyakit ini memang terbilang mematikan, untuk itu penting sekali bagi Anda untuk mencegah daripada mengobati. Jika kondisinya sudah kronis atau parah maka dokter akan menganjurkan penderitanya untuk menjalani perawatan paliatif di rumah. Bentuk pelayanan semacam ini memang penting. Karena memang penderita penyakit berat rentan sekali mengalami down dalam menghadapi masalah kesehatan mereka.