Sariawan di lidah tentu sangat mengganggu. Timbulnya rasa perih dan nyeri pada mulut bisa mengakibatkan tidak enak makan bahkan hingga enggan untuk berbicara. Meskipun sariawan bukan dalam kategori penyakit yang mematikan namun rasa sakit yang ditimbulkan bisa berpengaruh pada kesehatan dan keadaan emosional. Oleh karena itu, perlu memilih obat sariawan dan penanganan yang tepat agar sariawan cepat hilang.

 

Daerah yang sering kali menjadi tempat timbulnya sariawan yaitu lidah, gusi hingga bagian dalam permukaan bibir. Umumnya sariawan berbentuk lingkaran putih dengan bagian pinggir yang kemerahan. Apabila baru muncul ukurannya memang kecil namun dalam beberapa kasus ada sariawan yang bentuknya cukup besar dengan bagian tengah berlubang.

 

Inilah Obat Sariawan yang Ampuh Dan Efektif

 

Sebelum membahas cara mengatasi sariawan lebih lanjut ada baiknya mengetahui apa saja penyebab munculnya sariawan. Kemunculan sariawan biasanya disebabkan kekurangan vitamin c, adanya bakteri dalam mulut, alergi, sering tergigit ataupun stress. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi sariawan yang muncul di lidah. Berikut ini adalah beberapa pilihan obat sariawan yang bisa digunakan untuk menyembuhkannya.

 

  1. Air Kelapa

Dipercaya sebagai cairan yang bisa menangkal racun, ternyata air kelapa juga. bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Selain memberikan kesegaran, air kelapa juga mengurangi peradangan pada mulut. Ada dua cara yang cukup manjur mengobati sariawan dengan air kelapa ini. Pertama air kelapa bisa langsung diminum dan yang kedua digunakan untuk berkumur.

 

  1. Madu

Cairan yang berasal dari lebah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu dipercaya sebagai obat yang cukup ampuh untuk mengobati sariawan. Kandungan anti bakteri pada madu dapat membunuh virus dan bakteri penyebab sariawan. Selain itu, ia juga bisa memberikan kelembapan pada bibir untuk membantu mempercepat pemulihan.

 

Oleskan madu secara langsung pada bagian lidah yang sariawan atau bisa juga mengoleskan madu pada kapas lalu diamkan beberapa menit. Pertama kali dioleskan madu akan terasa sedikit perih namun lama kelamaan akan menghilang. Lakukan cara ini secara rutin agar proses penyembuhan semakin cepat.

 

  1. Air Garam

Air garam cukup efektif digunakan sebagai obat untuk sariawan. Kandungan dalam garam bersifat anti radang yang berguna untuk mencegah sariawan semakin melebar. Selain itu, kandungan anti bakteri dalam garam bermanfaat membunuh bakteri dan jamur di dalam mulut.

 

Caranya cukup mudah, campurkan satu setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Aduk hingga larut kemudian gunakan untuk berkumur. Kumurlah tiga sampai empat kali sehari agar lebih efektif.

 

  1. Obat Kumur

Cara mengobati sariawan yang paling efektif berikutnya yaitu dengan menggunakan obat kumur. Gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol, karena jika obat tersebut terdapat kandungan alkohol malah akan menimbulkan masalah mulut yang baru.

 

Oleh karena itu, sangat penting memilih jenis obat kumur yang tepat agar sariawan lekas menghilang. Aloclair plus merupakan salah satu obat kumur tanpa kandungan alkohol yang ampuh dan efektif atasi sariawan.

 

Obat sariawan ini dapat digunakan berbagai kalangan mulai bayi, anak-anak hingga dewasa. Obat ini terdapat tiga varian yaitu berupa spray, gel dan juga cairan untuk berkumur. Kandungan alami ekstrak lidah buaya dalam Aloclair plus dapat mengatasi sariawan di lidah.

 

Pilih obat sariawan yang tepat dan ampuh agar bisa beraktivitas normal kembali. Gunakan cara-cara di atas untuk mengusir sariawan yang muncul serta jaga kesehatan mulut agar terhindar dari sariawan.