Menilik 2 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan temulawak? Salah satu tumbuhan khas Indonesia yang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Temulawak memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kunyit dan juga sama-sama memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh dan kesehatan tubuh. Manfaat temulawak dari zaman dahulu memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu bahan obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tetapi satu hal yang perlu Anda tahu bahwa untuk mengkonsumsi temulawak untuk obat itu ada beberapa hal penting yang sangat perlu dan penting sekali untuk Anda perhatikan.

Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorriza dan bagi masyarakat Indonesia sudah dipercaya memiliki banyak kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, tidak heran jika karena khasiatnya yang sangat bagus banyak sekali masyarakat Indonesia yang membudidayakan temulawak khususnya mereka yang tinggal di kawasan dataran tinggi. Kemudian oleh para pakar kesehatan mereka membuat ramuan yang berasal dari temulawak yang kemudian dimanfaatkan untuk obat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Meskipun memang faktanya sudah banyak yang yakin dan percaya bahwa memang temulawak memiliki banyak sekali manfaat yang sangat bagus untuk tubuh, tetapi di atas sudah disinggung bahwa temulawak memiliki beberapa hal yang perlu menjadi perhatian jika ingin mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang lama. Untuk efeknya memang tidak bagus untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Penasaran dengan apa saja manfaat dari temulawak untuk kesehatan? Berikut ini penjelasannya:

  • Meningkatkan fungsi pencernaan

Manfaat yang pertama adalah dengan temulawak bisa digunakan sebagai salah satu obat untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Hal ini dikarenakan jika tubuh mengkonsumsi temulawak maka bisa merangsang untuk meningkatnya produksi empedu yang ada di kantung empedu. Dengan begitu maka tidak heran jika temulawak memang sangat bagus untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Dengan rutin mengkonsumsi temulawak maka beberapa masalah pencernaan seperti perut kembung dan gas yang berlebih di dalam perut bisa teratasi.

  • Obat anti kanker

Selanjutnya adalah dengan rutin mengkonsumsi temulawak bisa digunakan sebagai obat untuk anti kanker. Tetapi untuk hal ini memang penelitian kesehatannya masih terus dilakukan tetapi memang sudah ada beberapa pakar kesehatan yang sudah memutuskan bahwa memang temulawak memiliki manfaat yang sangat luar biasa yakni bisa digunakan untuk obat anti kanker. Beberapa kanker yang bisa diatasi dengan temulawak adalah seperti kanker usus, kanker payudara dan kanker prostat. Caranya juga cukup mudah Anda konsumsi saja secara rutin temulawak tetapi ingat supaya lebih aman Anda juga harus konsultasikan dengan dokter Anda supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi di atas adalah penjelasan mengenai manfaat temulawak yang bisa menjadi perhatian Anda. Ingat jika memang Anda ingin mengkonsumsi temulawak dalam jangka waktu yang panjang lakukan konsultasi dengan dokter Anda. jangan sampai malah nantinya dengan mengkonsumsi temulawak malah membuat khasiat obat lain yang Anda konsumsi tidak bekerja secara maksimal. tetapi jika dokter Anda sudah memberikan izin dan mungkin juga sudah menyetujui Anda untuk mengkonsumsi temulawak sebagai obat, untuk jalan yang lebih aman Anda bisa mengkonsumsi obat herbal temulawak yang ada di Herbana. Salah satu toko obat yang menjual ramuan obat herbal dari temulawak dan bahan-bahan alami yang sudah terbukti khasiatnya dan sudah BPOM.