Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab mengapa anak jadi susah makan. Karena ketika anak susah makan orang tua tentu akan khawatir berat badan anak yang menurun dan juga kondisi kesehatannya. Untuk itu orang tua harus menyadari apa saja alasan anak susah makan dan cara mengatasinya.

1. Diare

Salah satu penyebab yang membuat anak susah makan bisa jadi karena sedang terserang diare. Diare disebabkan oleh virus atau bakteri yang membuat anak bolak-balik buang air besar, karena sakit perutnya. Diare ini bisa disebabkan karena anak makan makanan sembarangan atau terinfeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk cara mengatasinya tentu saja dengan memperhatikan makanan anak dan juga lingkungan tempatnya bermain.

2. Sembelit

Salah satu penyebab anak yang susah makan adalah sembelit. Sembelit merupakan keadaan dimana anak susah buang air besar dan tidak lancar bisa beberapa hari atau sampai 1 minggu. Jika sedang sembelit, maka bisa menjadi salah satu alasan anak tidak mau makan. Untuk itu Anda bisa mengatasi sembelit dengan mengunjungi dokter atau Puskesmas terdekat.

3. Anak Terlalu Pemilih

Jika anak Anda susah makan mungkin saja karena si kecil memang anak yang pemilih. Jika anak merupakan pemilih pada makanan maka hanya akan makan makanan tertentu saja dan itu-itu saja. Hal ini tentu bisa mengurangi asupan nutrisi pada anak. Untuk mengatasinya maka ibu bisa menawarkan menu baru pada jadwal makan anak setiap hari.

4. Kecanduan Junk Food

Makanan instan atau makanan siap saji memang lebih disukai oleh anak-anak dibanding makanan sehat. Untuk anak yang sudah kecanduan junk food maka caranya yaitu dengan menyediakan makanan lebih sehat di rumah. Mungkin memang cara ini tidak akan membuat anak langsung menyukai makanan sehat. Untuk itu, orang tua wajib memberikan menu makanan sehat yang lebih variatif. Misalnya memberikan jus buah, smoothies, hingga buah-buahan yang dicampur yogurt sehingga rasanya lebih enak.

Kini tentu anda sudah tahu apa saja penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya yang paling tepat. Dengan mengetahui apa saja yang membuat anak jadi susah makan, anda tentu tidak akan mendapatkan kondisi di mana anak menjadi kekurangan nutrisi karena tidak tidak cukup asupan makanan yang masuk setiap hari.