Pilihan Perumahan di Bandung dengan Konsep Islami

Lingkungan islami memang berperan penting dalam memberikan ketenangan dan kenyamanan khususnya bagi yang beragama Islam.  Tidak heran kalau beberapa orang sengaja mencari perumahan yang islami untuk mempermudah aktivitas keislaman di dalamnya.

Salah satu perumahan berkonsep islami yang cukup recommended untuk dijadikan pilihan adalah Cluster Alsagriya Bandung yang menawarkan banyak kelebihan bagi calon pembelinya.

Cluster Alsagriya Bandung Sebagai Perumahan Berkonsep Islami

Cluster Alsagriya ini dikembangkan oleh Muhasabah Land yang memang fokus mengembangkan berbagai property dengan konsep islami. Lokasinya berada di jalan Simpati, Cilame, tepatnya di Kecamatan Ngamprah daerah Bandung Barat.

Perumahan ini sengaja dibuat dengan konsep islami sehingga bisa melakukan aktivitas islami dengan lebih leluasa. Terlebih ada beberapa fasilitas yang sengaja dibuat untuk mendukung berbagai aktivitas tersebut.

Perumahan ini tidak hanya cocok untuk mereka yang sudah terbiasa dengan lingkungan religius saja, tapi juga sesuai untuk mereka yang baru berhijrah. Jadi lingkungan bisa mendukung hijrah yang dilakukan tanpa ada penentangan dari pihak manapun.

Kelebihan yang Bisa Dirasakan

Perumahan yang menggunakan konsep islami memang memberikan kelebihan khusus bagi pemeluk agama Islam agar terdorong untuk lebih taat dan bebas melakukan aktivitas keagamaan. Namun, di Cluster Alsagriya tidak hanya memberikan kelebihan tersebut.

Ada juga berbagai kelebihan lainnya yang bisa dinikmati oleh penghuni perumahan, yaitu :

   1. Memiliki Beberapa Fasilitas Islami

Sesuai dengan konsepnya yang islami, perumahan ini tentunya sudah dilengkapi beberapa fasilitas islami yang membantu untuk terus ingat dan mendekatkan diri kepada Allah. Fasilitas ini tentunya tidak bisa ditemukan pada perumahan pada umumnya, di antaranya :

  • Masjid
  • Rumah Tahfidz
  • Tempat Pendidikan Al Quran

   2. Proses Transaksi Menggunakan Sistem Syariah

Kelebihan rumah tidak hanya bisa dirasakan saat sudah menempati rumah saja, tapi juga ketika masih dalam proses membeli rumah. Saat membeli rumah secara cash atau kredit, pengelola perumahan tidak menggunakan media bank yang identik dengan riba.

Meskipun membeli dengan cara kredit dan mengalami kendala saat membayar, tidak ada sistem denda yang merugikan salah satu pihak dan dilarang dalam agama. Prosesnya juga tidak melalui BI Checking dan tanpa menggunakan asuransi.

   3. Lingkungan Sekitar Islami

Sesuai dengan fasilitasnya yang islami, masyarakat di dalam perumahan ini didominasi oleh orang-orang yang religius. Bahkan 100 persen penghuni di perumahan Cluster Aslagriya Bandung adalah orang islam. Ketika sudah menempati rumah di sini, bisa menemukan tetangga yang berkualitas dan tentunya seakidah.

   4. Harga Terjangkau

Sekilas perumahan ini terlihat mewah dengan jajaran rumah bertingkat di sekitarnya. Tapi tidak semua rumah di sini memiliki harga yang mahal. Beberapa rumah juga ada yang ditawarkan dengan harga mulai dari 300 juta. Tentunya harga tersebut sesuai dengan luasnya yang terbatas dan desain bangunan.

   5. Sistem Keamanan Ketat

Sistem keamanan di sini tidak jauh berbeda dengan perumahan pada umumnya. Masih menggunakan sistem keamanan one gate sistem yang mudah dipantau sehingga tidak sembarang orang bisa ke luar masuk perumahan.

   6. Dekat Fasilitas Publik

Fasilitas publik juga mempengaruhi tingkat keamanan para penghuni perumahan. Semakin nyaman perumahan biasanya semakin dekat pula dengan berbagai fasilitas publik. Beberapa fasilitas umum yang cukup dekat dari perumahan adalah:

  • Fasilitas Pendidikan

Fasilitas pendidikan di sekitar lokasi perumahan sangat lengkap dan beragam. Semua jenjang pendidikan ada di sekitar perumahan, misalnya saja SD, SMP, serta SMK yang jaraknya bisa ditempuh hanya dalam waktu 5 menit.

Ada juga beberapa sekolah yang berbasis islam di sekitarnya, yakni Sekolah Islam Terpadu As Sakinah, Al Azhar, dan Fitrah Insani.

  • Fasilitas Perbelanjaan

Untuk membeli kebutuhan harian atau bulanan, bisa dipenuhi dengan mudah karena perumahan dekat dengan Indomart dan Alfamart. Sedangkan kebutuhan lainnya bisa dibeli di Borma Toserba Permata dengan waktu tempuh hanya 5 menit.

  • Fasilitas Pemerintahan

10 menit dari perumahan juga terdapat Kantor Bupati Bandung daerah Barat. Jadi, untuk mengurus berbagai keperluan kependudukan, bisa mendatangi kantor Bupati. Untuk mengurus pajak kendaraan juga lebih mudah karena ada kantor Samsat Cimareme yang jaraknya bisa ditempuh 5 menit.

Beberapa fasilitas pemerintahan ini bisa ditemukan dengan mudah karena perumahan juga dekat dengan jalan utama provinsi.

  • Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan terdekat dari perumahan ini ada dua, yakni Rumah Sakit Kawaluyaan dan Kharisma yang bisa ditempuh dalam waktu 5 sampai 10 menit dengan kendaraan.

  • Fasilitas Transportasi

Adapun fasilitas transportasi di area ini meliputi :

  • Pintu masuk menuju Tol Padalarang ( waktu tempuh 10 menit ).
  • Stasiun kereta api yang bisa dikunjungi dengan kendaraan selama 5 menit.
  • Stasiun kereta Gadobangkong (5 menit).
  • Kereta Cepat Indonesia China yang jalurnya ada di sebelah perumahan.
  • Fasilitas Umum Lainnya

Kalau bosan di rumah dan ingin menghibur diri, ada juga tempat wisata Paku Haji dan Kota Parahyangan. Lokasinya bisa ditemukan 10 menit dari perumahan.

Untuk melihat dan mendalami Al Quran, 5 menit dari Cluster Alsagriya juga ada Central Indonesia Al Quran Center.

   7. Akses Sangat Mudah

Lokasi perumahan ini sudah sangat familiar dan bisa ditemukan dengan mudah hanya melalui aplikasi google map. Bahkan untuk sampai ke perumahan sudah tersedia 3 jalur alternatif yang bisa dilalui seusai keinginan.

Jalur pertama melalui tol Padalarang, lalu belok ke kiri menuju arah Cimahi.  Setelah menemui jembatan, belok kiri lagi ke jalan Cilame, belok kiri lagi ke jalan Cikupa, dan terakhir melewati jalan simpati untuk sampai ke perumahan.

Bisa juga melalui jalur kota baru Parahyangan, menuju jalan Ciloa, Cikupa, Cilame, dan terakhir Simpati. Jalan terakhir adalah lewat arah Cimahi menuju haji gofur, lalu belok ke kiri melewati jalur pemerintahan, Cikupa, sampai di jalan Simpati.

Berbagai kelebihan dari perumahan Islami Cluster Alsagriya Bandung ini bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih perumahan lainnya. Kalau ingin berada di lingkungan yang islami demi mempermudah aktivitas keagamaan, maka beberapa unit di perumahan ini bisa dibeli sesuai kemampuan.