Tips Sukses Jualan Online di Media Sosial.

Kemunculan media sosial sekarang sudah tumbuh begitu pesat, baik pemakai, fitur dan fungsinya. Apabila dahulu media sosial difungsikan untuk kebutuhan bersosialisasi di ranah maya, di dunia digital.

Saat ini  peranan dari sosial media sudah jauh berkembang. Pelaku usaha pun sudah masuk ke dunia digital terutama media sosial ini, dengan menganut strategi digital marketing.

Munculnya media sosial seperti Instagram, Tiktok dan Facebook, saat  ini sudah umum dijadikan sebagai toko oleh para pelaku usaha Online. Hal Ini bukan tanpa alasan. A[pabila kita melihat data, jumlah user aktif Instagram dan Facebook memang cukup potensial untuk para pelaku usaha menawarkan produk atau jualan Online.

Pelaku usaha saat ini sudah banyak yang berinovasi atau menambah channel pemasarannya. Tak hanya menggunakan jualan di toko fisik secara konvensional. Bahkan ada banyak yang hanya memakai gudang, dan lalu berjualan secara penuh menggunakan media sosial, atau jualan secara Online.

Padatnya media sosial serta peluang besar untuk pelaku usaha, tidak sepenuhnya dimengerti oleh para pelaku usaha. Masih ada banyak yang mencoba jualan online  namun  tidak memakai strategi yang tepat.

Nah Berikut Tips Bagaimana Berjualan Di Sosial Media

1. Akun Bisnis yang Profesional

Tips Sukses Untuk berjualan Online di Media Sosial yang pertama yaitu memastikan jika akun yang anda pakai untuk jualan Online merupakan akun bisnis. Tidak cuma mengubah akun biasa menjadi akun bisnis, akan tetapi juga perlu membuat akun jualan kita profesional.

Akun bisnis yang dibuat profesional ini misalnya, membuat akun yang gampang diingat. Carilah nama yang sekiranya gampang diingat, tetapi masih berhubungan dengan usaha atau brand Anda.

Jangan pernah anggap remeh mengenai  nama di media sosial, apalagi nama user seperti di instagram. Sebab kesalahan dalam menentukan nama dapat berakibat fatal nantinya.

Sehingga selalu pastikan sejak awal, nama dari usaha Anda di media sosial pun sudah menggambarkan usaha dan brand Anda yang sesungguhnya. Dilarang asal membuat nama. Yang terpenting, selalu buat profil yang profesional; foto, bio, dan kelengkapan lainnya.

2. Foto Produk yang Sesuai

Yang Kedua dengan foto produk yang sesuai. Ketika proses jualan Online tentu foto merupakan hal yang sangat penting. Sebab calon pembeli hanya dapat melihat foto atau video yang kita kirim, sebagai bentuk perwakilan dari produk kita.

Untuk pelaku usaha tentu anda wajib memiliki keahlian dalam mengambil dan mengolah foto / gambar. Hal ini bertujuan supaya gambar dari produk kita sesuai, tidak terlalu berlebihan ketika editing.

Foto produk yang mirip dengan aslinya, akan membuat pelanggan merasa pas ketika membeli. Definisi pas yang dimaksud yaitu, mereka merasa cocok antara produk dalam foto dengan produk aslinya.

Jangan sampai ketika Anda menjual produk yang ada didalam foto tampak mewah atau baik, tapi aslinya tidak. Khususnya untuk Anda yang biasa berjualan pakaian atau aksesoris. Masalah warna bahan dll, wajib di sampaikan dengan benar, serta sesuai aslinya.

3. Gunakan Watermark Pada Foto Produk

Lalu yang ketiga adalah dengan memakai watermark. Watermark atau penanda pada foto produk ini  tidak boleh disepelekan. Sampai Saat ini masih ada banyak pelaku usaha yang tidak memakai watermark di dalam foto produk mereka. Hal ini sangat berbahaya, sebab ada saja pelaku usaha nakal yang senang mencuri foto.

Pelaku usaha nakal yang senang mencuri foto dan lalu mengunggah ulang. Mereka menjual barang yang bisa saja berbeda. Berbeda dari segi kualitas, barang KW. Namun memakai foto dari produk Anda.

Tentu saja hal ini sangat merugikan. Sebab orang atau pengguna media sosial, akan berpikir  kalau di tempat lain terdapat produk  yang sama persis demham foto, dengan harga yang jauh lebih murah.

Oleh sebab itu penting untuk Anda untuk menambahkan watermark pada produk Anda. Selain menjadi ciri khas, hal ini juga supaya foto produk Anda tidak diduplikasi oleh orang lain.

4. Jaga dan Tingkatkan Loyalitas Konsumen

Pembeli kita di media sosial merupakan konsumen yang potensial yang begitu berharga. Apabila satu pembeli yang puas, kita dapat memperoleh repeat order, serta dapat terjadi proses marketing secara langsung dari konsumen ke konsumen.

Layani pembeli dengan ramah dan lembut. Buat layanan sesudah mereka membeli atau menggunakan. Selalu sapa mereka, Coba tanyakan masukan atau pendapat mereka mengenai produk yang sudah mereka beli.

Bagaimanakah metode menjaga serta menambah loyalitas konsumen? Ada banyak cara. Salah satunya dapat dengan membuat kartu khusus, memberi diskon khusus untuk yang sering membeli, dan pastinya beri layanan sebaik mungkin.

  1. Gunakan Tools Untuk Riset Pasar dan Kompetitor

Yang tidak kalah pentingnya anda harus riset terlebih dahulu mengenai produk yang akan anda jual. Jangan sampai ketika ada sudah yakin poduk bagus namun respon pasar sangat minim. Ada banyak tools yang tersedia di pasaran untuk membantu mengembangkan bisnis anda, Misalnya jika anda berniat fokus ke instagram maka carilah tools bernama instagram analytics dimana software ini berisi fitur yang dibutuhkan untuk melakukan riset di instagram, misalnya: engagement meter, view competitor, riset hastag, dll